STATUS AKREDITASI

Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta merupakan salah satu dari tujuh jurusan yang ada di Fakultas Teknik UMJ. Didirikan pada tahun 1963 dan dalam perkembangannya pada tahun 1998 telah mendapat status akreditasi B.

Dalam proses belajar mengajar silabus mata kuliah selalu mengacu pada kurikulum nasional (Kurnas) serta dievaluasi setiap saat untuk mengantisipasi era globalisasi, AFTA 2000, MEA 2015, perkembangan teknologi dan proses-proses kimia. Kurikulum dirancang untuk 4 tahun atau dalam 8 semester dengan beban studi mahasiswa  sebanyak 146 sks.

Perkembangan industri kimia di Indonesia sangat pesat, seperti munculnya industri semen, keramik, kaca, polimer, kilang minyak, plastik, minyak sawit, dll. Guna memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang menguasai bidangnya, maka Jurusan Teknik Kimia FT-UMJ mengembangkan dua konsentrasi peminatan, yaitu  Teknologi Kimia dan Teknologi Silikat

Alumni Teknik Kimia UMJ dirancang dapat bekerja mandiri dan berwirausaha sehingga diharapkan dapat membuka lapangan kerja, hal ini sangat cocok dengan era globalisasi serta otonomi daerah.

Jurusan  pernah mendapatkan bantuan  berupa bahan kimia, peralatan laboratorium dari berbagai pihak,  seperti : Belanda, Pertamina, Jepang (JICA), Dikti-Depdiknas, TPSDP batch II, Dikti-ADB, periode 2002 – 2006

Teknik Kimia

  • Alamat: Jl. Cempaka Putih2 Tengah No.27, Jakarta

  • Telepon: (021) 425 6024

  • Email: info@ftumj.ac.id

Ikuti Kami